TUGAS TP/AV

1. Sebutkan 10 bagian-bagian dalam pembuatan film dan jelaskan tugasnya masing-masing ?

  • Produser Eksekutif

Produser eksekutif biasanya terdiri dari beberapa orang, dengan tugas utama untuk membiayai pembuatan film yang dilakukan oleh pembuat film atau production house (PH).
  • Produser
Produser adalah orang yang langsung berhubungan dan memberikan laporan kepada produser eksekutif terkait progres pembuatan film. Tugas Produser Film adalah untuk melakukan segala kordinasi, control, evaluasi hingga melakukan berbagai pembayaran yang terkait dengan pembuatan film dari awal hingga selesainya pembuatan film. Selain itu, tugas produser adalah untuk mencari dan merekrut orang-orang untuk dijadikan kru pembuat film.
  • Manajer Produksi dan 

Orang yang memiliki jabatan sebagai manajer produksi berada dibawah garis tugas produser dan bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pembuatan film mulai dari seluruh personil kru, teknologi yang digunakan, keuangan yang dikeluarkan, jadwal pengambilan gambar atau jadwal shooting, melakukan pembayaran sewa peralatan, gaji karyawan dan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan konsep kreatif dalam pembuatan cerita pada film itu.
  • Manajer Unit

Namanya saja sudah manajer unit tentu tugasnya hampir sama dengan manajer produksi, hanya saja tugas dari manajer unit berada dalam ukuran kecil. Biasanya, orang dengan jabatan ini akan mengelola salah satu unit di pembuatan film, misalnya unit transportasi.
  • Koordinator Produksi

Koordinator Produksi memiliki tugas untuk melakukan koordinasi terkait dengan segala informasi produksi yang diberikan oleh manajer produksi. Orang dengan jabatan ini juga memiliki tugas untuk bertanggung jawab terhadap seluruh keperluan produksi, mulai dari logistik, perekrutan kru hingga menentukan artis dan mencari peralatan.
  • Post-Production Supervisor

Post-Production Supervisor memiliki tugas untuk melakukan pengawasan setelah produksi film dilakukan.
  • Sutradara atau Director

Tugas Sutradara Dalam Teater atau pembuatan film adalah bertanggung jawab atas segala kegiatan produksi film, mulai dari ide kreatif film, alur cerita dan konten cerita, memberitahukan aktor atau aktris tentang adegan yang dilakukan, memilih lokasi pembuatan film, menentukan sountrack lagu pada film, menentukan durasi film dan menentukan waktu pengambilan film. Sutradara juga langsung berhubungan dengan para produser.
  • First Asisstan Director atau Asisten Sutradara 1

Tugas Asisten Sutradara adalah membantu, memastikan dan mengawasi seluruh tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh sutradara agar apa yang diperintahkan oleh sutradara dapat berjalan dengan baik.
  • Script Supervisor

Orang dengan jabatan ini bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap naskah film yang telah dibuat. Mencatat bagian naskah yang sudah diambil adegannya dan membuat catatan ketika ada naskah yang salah serta mencatat setiap take shoot yang dilakukan. Selain itu, Script Supervisor juga bertugas untuk memastikan kelanjutan daru setiap adegan film
  • Asisten Produksi

Asisten Produksi bertugas untuk menyiapkan seluruh perlengkapan yang akan digunakan dalam pembuatan film dan membantu Asisten Sutradara 1 dan pekerjaan yang berhubungan dengan produksi film lainnya.

2. Carilah contoh dari Clapperboard dan jelaskan bagian - bagiannya ?



Bagian-bagian Claper Board
  1. Scene             : Nomor dalam Adegan
  2. Take               : Menunjukan berapa jumlah take yang digunakan
  3. Sound            : menunjukan Adegan menggunakan Sound atau tidak
  4. Prod               : Judul Film
  5. Dir                  : Nama Sutradara
  6. Date               : Tanggal atau waktu syuting
  7. Camera         : Nama penata Camera
  8. Int dan Ext    : Adegan dilakukan di dalam atau di luar

3. Sebutkan dan jelaskan macam sudut pengambilan gambar(angel) ? 

1. Eye Level 



Ini adalah sudut pengambilan gambar atau angle yang netral sehingga disebut juga Normal Angle. Pada angle ini tingginya kamera saat membidik harus sejajar dengan subjek / objek yang dibidik. Bila memotret seseorang maka bagian tubuh yang dijadikan tolak ukur untuk mensejajarkan sorotan kamera dengan subjek adalah pada posisi kepala, lebih tepatnya jatuh di area mata.

2. The Bird's-Eye View 


 Foto yang diambil dengan posisi angle ini akan memperlihatkan sudut pengambilan gambar dari ketinggian. Maksudnya pemotretan dilakukan dari tempat yang sangat tinggi, contohnya seperti foto yang menampilkan seluruh isi kota, (gedung tinggi, ramainya kendaraan, dan aktivitas di jalan).

3. High Angle 


Angle ini memiliki karakter angle yang sama seperti The Bird's-Eye View di atas yaitu memotret objek dari ketinggian hanya saja angle ini tidak se-ekstrem The Bird's-Eye View. Bila digunakan untuk memotret seseorang maka tingginya sorotan kamera harus lebih tinggi dari posisi kepala orang tersebut. Sehingga posisi kepala akan tampak lebih besar membulat dan ukuran badan tampak mengecil sampai ke kaki seperti meruncing.

 4. Low Angle



Angle ini merupakan kebalikan dari High Angle yaitu sudut pengambilan gambar yang rendah dan jika digunakan untuk memotret seeorang maka tingginya sorotan kamera harus lebih rendah dari kepala orang tersebut. Hasil foto menggunakan angle ini juga merupakan kebalikan dari hasil High Angle yaitu membesar pada bagian kaki dan mengecil dibagian badan sampai ke kepala. 

5. Frog Eye Angle


Angle ini memiliki karakter angle yang sama dengan Low Angle di atas yaitu sudut pengambilan gambar yang rendah hanya saja tingkat kerendahannya lebih extreme yang dimana kamera hampir saja menyentuh tanah. Sehingga saat menggunakan angle ini terkadang fotografer harus tiarap saat memotret. 

6. Canted Angle


Disebut juga Oblique Angle yaitu pemilihan sudut pengambilan gambar yang sengaja dimiringkan. Angel ini biasanya digunakan untuk menghasilkan foto yang unik. 

4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis dari film ? 

1. FILM DOKUMENTER


 Istilah film dokumenter pertama kali digunakan dalam sebuah film Moana pada tahun 1926 lalu, tepatnya pada tanggal 8 Februari 1926. Resensi film tersebut dirilis oleh Robert Flaherty. Istilah dokumenter juga sempat digunakan untuk menggambarkan semua film non-fiksi. Hal ini berarti semua film yang menceritakan fakta dan kenyataan termasuk dalam jenis film dokumenter ini.

 Film dokumenter juga merupakan rekaman kejadian yang diambil langsung saat kejadian nyata sedang berlangsung. Dalam film dokumenter, unsur hiburan memang tidak terlalu ditonjolkan. Hal yang menjadi poin penting tentunya adalah pesan khusus dari tema film dokumenter tersebut. Meski begitu dalam beberapa film dokumenter juga menampilkan unsur entertain yang cukup.

 Film dokumenter kerap digunakan sebagai media kritik sosial dengan memotret hal hal kelam dalam negara seperti potret kehidupan masyarakat miskin atau kesenjangan sosial yang terjadi dalam suatu negara. Selain itu film dokumenter juga digunakan untuk membuat film biografi suatu tokoh. Para artis, musisi dan penyanyi dunia yang populer juga sering membuat film dokumenter dengan video dokumentasi hasil konser dan show serta kehidupan sehari-hari mereka.

2.FILM FIKSI

 Film fiksi atau film fiktif adalah sebuah genre film yang mengisahkan cerita fiktif maupun narasi. Film cerita biasanya berkebalikan dengan film yang menyajikan informasi, seperti film dokumenter, begitupun beberapa film percobaan. Dalam beberapa contoh film dokumenter, bila nonfiksi, dapat menyajikan sebuah kisah.

3. FILM EKSPERIMENTAL

 Film eksperimental, sinema eksperimental atau sinema avant-garde adalah sebuah mode pembuatan film yang mengevaluasi ulang konvensi sinematik dan mengeksplorasi bentuk-bentuk non-naratif dan alternatif dari naratif tradisional atau metode pengerjaan.



5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam genre film dan berikan contohnya ?


       1. Action

Action merupakan sebuah genre yang digunakan bagi jenis film yang mengandung banyak sekali gerakan dinamis para aktor dalam sebagian besar adegan film, seperti aksi bela diri dan bela mantan, tembak-tembakan dengan mantan, kejar-kejaran dengan mantan, dan ledakan cinta bersama mantan dan kemudian balikan lalu hidup bahagia kembali. Contoh film action: Fast Fourius, Agen 007, The Departed, Safe dan banyak lagi

           2. Animation
Animation merupakan jenis genre yang digunakan film animasi dengan berbagai macam alur. Genre film ini biasanya sering dinikmati oleh kalangan anak-anak, namun sekarang industri perfilman mulai mengembangkannya sehingga dapat dinikmati banyak kalangan. Contoh Minions, Dispesible, Moana, atau The baby boss.

3. Comedy

Comedy merupakan jenis genre yang digunakan film dengan banyak sekali adegan komedi dan lelucon pada alur ceritanya, tapi kadang juga dibumbui adegan tembak-tembakan dengan mantan. Biasanya film comedy hollywood menyisipkan beberapa kata-kata kotor maupun yang bersifat rasis agar lebih menarik dan lucu.mulai dari fak yu sampe kata-kata asshole (read: bolongan pantat).tapi aslinya garing. Contoh Spy, Blended dan Chef
4. History
History merupakan jenis genre yang digunakan pada film berceritakan pada masa lalu sesuai dengan kejadian dan peristiwa yang telah menjadi sejarah. Genre ini hampir mirip dengan Documentary.

5. Horror
Horror merupakan sebuah jenis genre yang digunakan pada film berisi kejadian-kejadian mistis dan berhubungan dengan kejadian yang menyeramkan sebagai inti dari cerita filmnya. Anabelle, atau lainnya. Berhubung saya sendiri nggak suka  horor jadi nggak tau dehh cntohnya apa
6. Jelaskan bagian-bagian dari kamera video/SLR dan fungsinya ?

FUNGSI DARI IDENTIFIKASI KAMERA

1. Fungsi penutup lensa.
untuk melindungi lensa dari debu atau tergores di saat kamera tidak digunakan.
2. Fungsi Layar LCD.
Untuk melitah objek yang di tangkap oleh kamera.
3. Fungsi tombol pembuka layar LCD
Untuk mengeluarkan layer LCD dari tempat nya,tombol berfungsi apabila di tekan.
4. Fungsi tombol volume.
Untuk mengatur suara video yang di mainkan langsung dari kamera.
5. Fungsi battery.
Sebagai power untuk kamera .
6. Fungsi pengunci baterey.
Berfungsi agar bartery tidak jatuh saat kamera di gunakan.
7. Fungsi tombol power
Untuk menghidupkan kamera.
8. Fungsi Tombol start/stop merekam
Untuk jeda merakam .dan memulai merekam.
9. Fungsi Jek memasukan listrik dari adaptor
berfungsi untuk mangecas baterei kamera
10. Fungsi Tempat memesang tali handy camera Lensa
berfungsi untuk tempat memasukkan kamera .
11. Fungsi Informasi battery.
berfungsi sebagai pemberi info capasitas baterei yang tersedia.
12. Fungsi Tombol lampu .
berfungsi sebagai saklar untuk menghidupkan lampu/flash pada kamera.
13. Fungsi Tombol untuk memilih kualitas warna .
berfungsi untuk memilih kualitas warna tang diinginkan.
14. Fungsi Lensa .
berfungsi untuk menangkap objek yang diinginkan.
15. Fungsi Mikrophone/mike 
untuk merekam suara yang ada ditempat.
16. Fungsi Lampu tanda merekam .
untuk memberi informasi kepada orang yang sedang direkam .
17. Fungsi Infrared.
untuk merekam di tempat yang gelap sehingga objek terlihat dengan jelas
18. Fungsi Tombol control video.
untuk mengendalikan video yang sedang di rekam
19. Fungsi Tombol pengunaan lampu .
untuk menghidupkan lampu.
20. Fungsi Tombol FADER 
untuk mengatur tinggi rendah frequency audio yg di inginkan
21. Fungsi Tombol BACK LIGHT 
untuk menghidupkan lampu dibawah LCD
22. Fungsi Tombol FOCUS 
untuk menfokuskan objek yang di tangkap.
   23. Fungsi Lampu sensor remote
  untuk mengaplikasikan kamera dengan remote

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT ANIMASI KUPU KUPU